Perawatan Sepatu Kulit: Panduan Langkah demi Langkah

Sepatu resmi merupakan salah satu item yang wajib dimiliki oleh setiap pria. Mereka tidak hanya mudah beradaptasi dan dapat dikenakan dengan tampilan apa pun, dari kasual hingga formal. Sepatu resmi merupakan jenis sepatu kulit pria yang dipakai untuk acara formal. Ada banyak jenis sepatu kulit yang cocok untuk setiap jenis pakaian formal, mulai dari sepatu pantofel untuk pria hingga sepatu kulit bertali. Mereka biasanya dibuat dari bahan yang tahan lama dan lebih awet, tetapi hanya jika dirawat dengan benar. Kulit terbuat dari kulit binatang yang diawetkan, yang berarti kulit mati. Kulit membutuhkan perlindungan dan perawatan, berbeda dengan kulit hidup, yang masih menyerap nutrisi dari tubuh. Oleh karena itu, perawatan yang tepat untuk sepatu kulit adalah suatu keharusan supaya awet.

1)    Pembersihan ringan setelah setiap kali dipakai

Membersihkan sepatu kulit Anda secara teratur akan membantu mereka bertahan lebih lama. Berinvestasi dalam produk perawatan sepatu yang tepat membantu memastikan bahwa Anda tidak merusak kulit dengan bahan kimia yang tidak sesuai. Perawatan sepatu kulit dibuat secara sederhana dengan metode di bawah ini. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari lakukan pembersihan!

Langkah 1: Hapus kotoran yang terlihat & lepas setelah dipakai

Debu dan kotoran kecil bisa menempel di sepatu Anda. Cukup basahi handuk untuk membersihkan kotoran yang menempel di permukaan. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan memilih lap pembersih sepatu. Untuk sepatu kulit suede, lewati langkah-langkah di atas dan bersihkan menggunakan sikat suede. Pertama, gunakan sisi kuas untuk membersihkan kotoran di permukaan. Kemudian, gunakan penghapus untuk menghilangkan bekas goresan yang terlihat.

Beli Produknya

  1. Aldo Indonesia LYNDEN Women`s Pembersih Sepatu NEUTRAL 1
    LYNDEN
    Pembersih Sepatu
    IDR 129,000
  2. Aldo Indonesia Suede Brush Women`s Pembersih Sepatu White 1
    Suede Brush
    Pembersih Sepatu
    IDR 189,000

Langkah 2: Membersihkan sepatu kulit Anda

Untuk memulai, gunakan pembersih sepatu kulit yang dapat dibeli di toko atau online. Pastikan pembersih tersebut sesuai dengan jenis kulit yang Anda kenakan. Mulailah menggosokkan pembersih ke dalam sepatu dengan gerakan memutar. Lihat pembersih kulit halus kami yang cocok untuk kulit tidak bertekstur. Setelah membersihkan sisa pembersih kulit menggunakan handuk bersih dan basah, keringkan dengan kain lain. Biarkan setidaknya 20 menit  untuk pengeringan sebelum melanjutkan ke langkah 3.

Beli Produknya

  1. Aldo Indonesia Smooth Leather Cleaner Men`s Pembersih Sepatu White 1
    Smooth Leather Cleaner
    Pembersih Sepatu
    IDR 199,000

Langkah 3: Lembabkan sepatu kulit Anda

Kondisioner menjaga sepatu kulit tetap lembap dan mencegahnya retak dan terkelupas. Oleskan kondisioner ke sepatu dengan lembut dengan gerakan memutar. Jangan lupa untuk mengujinya di area kecil untuk menguji ketahanan warna sebelum menyebar secara merata. Biarkan selama 15 menit setelah aplikasi, lalu gosok dengan kain lembut atau buffer sampai berkilau.

Beli Produknya

Langkah 4: Beri mereka kilau baru

Gunakan semir sepatu setiap 2-3 minggu, dapat membantu melembabkan kulit sambil menambahkan lapisan kilau. Cukup sapukan spons pada sepatu, poles dengan gerakan memutar hingga keseluruh permukaan tertutup. Maka sepatu Anda sudah terlihat indah dan berkilau sekarang.

Beli Produknya

  1. Aldo Indonesia Shoe Shine Men`s Semir Sepatu White 1
    Shoe Shine
    Semir Sepatu
    IDR 209,000
  2. Aldo Indonesia DRIVEWAY Men`s Semir Sepatu Brown 1
    DRIVEWAY
    Semir Sepatu
    IDR 159,000
  3. Aldo Indonesia DRIVEWAY Men`s Semir Sepatu Black 1
    DRIVEWAY
    Semir Sepatu
    IDR 159,000

Langkah 5: Lindungi sepatu kulit Anda

Oleskan semprotan tahan air pada permukaan kulit untuk melindungi permukaan sepatu dari cuaca buruk, menciptakan pelindung tak terlihat yang mencegah noda mengendap.

Beli Produknya

  1. Aldo Indonesia GABELLUZZA Women`s Pelindung Sepatu NEUTRAL 1
    GABELLUZZA
    Pelindung Sepatu
    IDR 259,000

2) Hindari memakainya setiap hari

Kaki, seperti bagian tubuh lainnya, berkeringat sepanjang hari. Beberapa kaki orang berkeringat lebih dari yang lainnya, hal ini dapat dimengerti mengingat suhu panas di Indonesia hampir sepanjang tahun. Kulit dapat menyerap kelembapan, menyebabkannya meregang, berkerut, dan berubah warna. Miliki setidaknya dua pasang sepatu yang memungkinkan Anda untuk menggantinya setiap hari, yang memungkinkan pasangan sebelumnya mengering. Selain itu, berikut adalah 3 tips sederhana untuk mengucapkan selamat tinggal pada bau sepatu.
 
Tip #1: Padukan sepatu favorit Anda dengan sepasang kaus kaki yang dapat menyerap kelembapan dan menonjolkan gaya dalam diri Anda.
 
Tip #2: Gunakan pengharum sepatu atau bola pewangi untuk menetralisir bau tidak sedap.
 
Tip #3: Selipkan Insole Kain Terry ke dalam sepatu Anda untuk menjaga kaki Anda tetap dingin dan segar karena lapisan terry dan lapisan lateks memungkinkan penyerapan keringat dan menghilangkan bau dengan mudah. Bonus: bisa dicuci.

Shop Products

3) Simpan dengan benar

Karena kulit berpori dan dapat menyerap kelembapan dan bau, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan struktur sepatu, penting untuk menyediakan penyimpanan yang tepat untuk sepatu kulit. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan umur panjang sepatu Anda.
 
Tip #1: Masukkan pengganjal sepatu kayu karena membantu menyerap sebagian besar kelembapan dan bau, memastikan sepatu mempertahankan bentuknya dan tidak kusut.
 
Tip #2: Jika Anda tidak rutin memakai sepatu kulit, belilah kantong debu kain untuk menyimpan sepatu Anda guna mencegah akumulasi debu dan perubahan warna

Jika Anda mengikuti panduan perawatan sepatu kulit ini, Anda dapat yakin bahwa sepatu Anda akan selalu tampak baru, mengkilap dan awet. Lihat alas kaki pria ALDO sekarang juga untuk menambahkan gaya pada penampilan Anda!

Up Next

Bagaimana cara membersihkan sepatu kets putih Anda?